Web Hosting

Tulisan ini bukanlah merupakan iklan, tapi merupakan pengalaman saya pribadi. Tujuan penulisan ini supaya jika ada teman-teman yang butuh untuk memiliki website sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba hosting yang saat ini saya pergunakan.

Web Hosting Murah Indonesia | Web Hosting Murah dan Handal

Sebelum memiliki website, pada mulanya saya hanya memiliki sebuah blog. Pada awal 2011, saya menjadi tertarik untuk mencoba membikin website sendiri. Karena memiliki blog gratis (di blogspot atau wordpress) memiliki banyak sekali kekurangan dibandingkan memiliki website pribadi. Kekurangan yang paling besar adalah, kurang ilmu (karena terlalu dimudahkan, sehingga karena semua sudah ada jadi tidak mau belajar).

Hal pertama saat memutuskan untuk memiliki website pribadi adalah memilih layanan web hosting. Di negara kita tercinta ini, banyak sekali layanan penyedia web hosting dari yang murah-murah sampai yang mahal. Jika ada yang bertanya, kenapa tidak mencoba penyedia web hosting luar negeri ?

Untuk saya sendiri, jawabannya adalah :

  1. Saya cinta produk dalam negeri (sok nasionalis gitu). Walaupun saya tidak kenal penyedia web hosting nya, tapi ya I LOVE PRODUK DALAM NEGERI.
  2. Masalah support. Bagaimanapun, saya masih beginner. Yang pasti, saat membikin/mengelola website nantinya pasti banyak masalah dan membutuhkan support dari penyedia web hosting. Untuk lebih mudahnya, kan lebih enak menggunakan bahasa dalam negeri 🙂
  3. Biaya. Mau dipercaya atau tidak, rata-rata penyedia web hosting luar negeri (untuk penyedia web hosting yang sudah ternama) mematok harga sekitar $4 sampai $9 perbulan. Kalau untuk 1 tahun… banyak ya. Untuk harga segitu sih mending gak usah punya website pribadi deh, buat makan aja susah 🙂
  4. Cara pembayaran. Misalkan kita memiliki uang cukup untuk membeli web hosting dari luar negeri. Pertanyaannya kita membayarnya menggunakan apa? Jika punya kartu kredit sih tidak apa-apa. Tapi misalnya seperti saya yang hanya punya kartu KTP dan ATM.. repot juga ya.

Web Hosting Murah Indonesia | Web Hosting Murah dan Handal

Alasan terbesar saya memilih menggunakan hosting lokal adalah seperti yang saya tuliskan diatas. Selanjutnya adalah bagaimana cara memilih penyedia web hosting lokal yang bagus. Untuk saya sendiri termasuk tidak beruntung. Saya sempat pindah dari penyedia web hosting sebelumnya sampai akhirnya menggunakan kuncihost.com. Saya merasa sangat tertipu dengan penyedia hosting sebelumnya karena perhitungan bandwith yang menurut saya aneh dan tidak jelas. Website saya sering sekali offline. dalam satu hari kadang bisa offline sampai 6 jam. Mau mengupload file 500Kb saja tidak kuat. Sehingga ujung-ujungnya saya harus menggunakan penyedia layanan penyimpanan file gratis untuk menyimpan gambar-gambar dan file dari website saya. Hal ini cukup menyulitkan pada saat membackup website, karena file-file terpencar pada beberapa website. Sangat Indonesia banget… ada harga ada rupa. Kalau harga murah.. ya siap-siap saja kecewa. Walau penyedia web hosting itu memiliki banyak sekali review yang bagus dan sudah terkenal, rupanya tidak menjamin kualitasnya.

Sampai akhirnya saya membaca beberapa review tentang kuncihost. Harga yang ditawarkan cukup murah dengan review yang baik. Akhirnya saya mencoba iseng-iseng berhadiah (maksudnya tidak terlalu berharap banyak dengan hosting lokal). Saya saat itu mendaftar website baru untuk 6 bulan. Iseng-iseng jika bagus ya lanjut, kalau jelek ya artinya pengalaman. Hal pertama yang membuat saya puas adalah pelayanan pendaftaran. Semua sudah komputerisasi. Jadi saat kita telah mentransfer uang, kita akan segera dikonfirmasi tanpa harus manual menginformasikan ke kuncihost. Untuk saya pribadi ini kerenn…

Saat website sudah aktif, hal kedua yang saya lakukan untuk mengetest layanan web hosting kuncihost adalah dengan mengirimkan (upload file) sebanyak 5000 file dengan ukuran sekitar 20 Megabyte. Apakah dengan proses ini website saya akan down atau tidak (pengalaman dari web hosting sebelumnya). Dan hasil yang saya dapatkan adalah sangat memuaskan. Proses upload berjalan dengan cepat tanpa membuat server down.

Setelah saya mencoba selama 1 minggu dan website di kuncihost lancar-lancar saja, maka saya memutuskan untuk memindahkan website (web hosting) saya semula ke kuncihost. Ini adalah hal yang membuat saya puas untuk ketiga kalinya. Semua proses tersebut dibantu oleh teknisi kuncihost tanpa biaya tambahan dengan proses cepat. Sehingga 1 hari kemudian website saya sudah dapat online di kuncihost.

Sampai saat ini (sudah hampir 4 bulan) saya menggunakan kuncihost, belum pernah 1 kalipun website saya menjadi offline.

Jadi buat teman-teman yang bingung untuk memutuskan akan menggunakan penyedia web hosting lokal, tidak ada salahnya untuk mencoba kuncihost.

Terimakasih kuncihost untuk layanannya selama ini, semoga sukses selalu.

Web Hosting Murah Indonesia | Web Hosting Murah dan Handal

One thought on “Web Hosting

Comments are closed.