sharing everything

Tips Mendapatkan Project

Melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya mengenai bagaimana mendapatkan uang dari internet, pada tulisan ini saya akan menjelaskan bagaiman kita sebagai freelance online atau freelance internet dapat mendapatkan project (istilahnya bagaimana tips mendapatkan project online).

Kesulitan pertama pada saat ingin mengerjakan freelance online atau freelance internet atau kerja online adalah karena antara pemberi kerja dan kita (sebagai pencari kerja online) tidak saling mengenal. Ini adalah langkah-langkah bagaimana tips mendapatkan project online serta supaya kita dipercaya pemberi kerja untuk mengerjakan pekerjaan yang dia miliki.

  1. Buat CV/portofolio yang menarik. Tulis semua kemampuan yang kita miliki (agak lebai tidak apa-apa). Munculkan semua kelebihan kita, sehingga nantinya jika ada orang yang membaca portofolio/CV kita tersebut dia akan menganggap kita mampu untuk melakukan apa yang dia butuhkan.
  2. Tuliskan pengalaman kita mengenai project yang ditawarkan. Saat melakukan bidding/penawaran project, tuliskan bahwa kita memiliki pengalaman kerja tentang project yang ditawarkan (mungkin pernah atau sudah dapat bayangan mengenai project yang ditawarkan). Jangan lupa tuliskan berapa lama kita dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  3. Saat melakukan bidding, tunjukan ketertarikan kita dengan project yang ditawarkan. Tulis apa yang kita tahu mengenai project yang ditawarkan. Berikan ide penyelesaian atau yang lainnya. Jangan menuliskan sesuatu yang umum karena itu dapat dianggap kita tidak mengerti/membaca tugas apa yang diberikan.
  4. Untuk freelance online atau freelance internet pemula (baru mendaftar), tawarkan biaya untuk mengerjakan project dengan biaya yang murah (istilahnya agak rugi, minimal impas) tidak apa-apa. Tujuannya adalah untuk mendapatkan review yang bagus. Saat kita sukses mengerjakan suatu project, kita akan mendapatkan review dari pemberi kerja. Review itu menggambarkan sebagus apa kerja kita. Makin banyak kita mendapatkan project dan review yang bagus, makin mudah kita mendapatkan project. Itu tipsnya :)
  5. Kerjakan project dengan penuh tanggung jawab. Saat mendapatkan suatu project, jangan sekali-kali mengecewakan pemberi kerjaan. Karena itu dapat mempengaruhi project-project yang selanjutnya. Saat pemberi kerja puas dengan pekerjaan kita, kemungkinan besar dia akan memberikan pekerjaan lain kepada kita. Sehingga kita tidak perlu melakukan bidding (pekerjaan datang sendiri).
  6. Tuliskan tugas-tugas apa yang harus dikerjakan. Sebelum project diterima, tulis semua tugas yang diberikan (berikan list dan tunjukkan kepada pemberi kerja). Ini untuk mencegah pemberi kerja yang iseng. Karena kita sadar tidak semua orang baik :). Ini berguna saat pemberi kerja meminta tugas-tugas lain diruang lingkup yang pernah disetujui, sehingga kita dapat menolak karena sudah diluar tugas awal yang disepakati.

Selain tips mendapatkan project online (mendapatkan project kerja online) diatas, ada juga tips supaya terhindar dari pemberi kerja yang iseng atau nakal. Disini ada beberapa tips :

  1. Jika anda mendapakan pemberi kerja yang berbicara seperti ini : “Ini adalah tugas yang gampang“, “Seorang yang ahli dapat mengerjakan ini dalam 1 jam“, “Saya bisa mengerjakan ini sendiri, tapi terlalu sibuk“, “Saya mengerti dengan tugas ini, karena sudah ahli dan pengalaman bertahun-tahun. jadi jangan memberikan penawaran yang mahal“. Pernah mendapatkan pemberi kerja berbicara seperti ini …… JANGAN DIAMBIL PEKERJAANNYA. Kenapa…. ?? Orang yang menawarkan pekerjaan dengan berbicara seperti ini biasanya tidak akan menghargai pekerja (kita). jadi buat apa kita bersusah payah membantu (walaupun dibayar) kalau tidak dihargai !! Bisa-bisa malah review kita jadi jelek karena orang-orang seperti ini…
  2. Kita melakukan penawaran kerja, tapi dia membalasnya cukup lama (1 hari masih wajar karena perbedaan jam) sampai 2 hari atau lebih tanpa alasan yang jelas. Jangan ambil pekerjaan dari orang seperti ini. Kenapa ..??? Karena kita akan kehabisan waktu saat mengerjakan pekerjaan dari dia. Misalkan deadline pekerjaan 5 hari. Hari kedua kita mengirim hasil pekerjaan dan dia membalas pada hari ke-4 dengan ada kesalahan atau dia tidak puas dengan tugas yang kita buat. Ujung-ujungnya kita yang disalahkan karena tidak sesuai deadline kerja.

Mungkin ini saja tips-tips mendapatkan project online. Jika anda memiliki pengalaman lain, silahkan berbagi :). Ingin mendaftar Kerja Online, kunjungi alamat ini.

My name is Toto Sugito. This is my notes when I try something. Maybe, this is NOT THE BEST SOLUTION for your problems. If you have other method or idea that better with my post, please share in this blog. Thank for visiting my site.

10 Comments

  1. November 30, 2011    

    salam kenal mas… saya dah daftar di freelancer trus sya dapat email dari kontraktor tulisannya kira2 seperti ini “has placed a lower bid than yours on the following Freelancer.”
    padahal sya sudah meminta pembayaran seminimal mungkin dari pekerjaan tersebut…
    mohon solusinya mas… balas ke email saya aja

    • November 30, 2011    

      Kalau menurut saya itu bukan dari kontraktornya. tapi berasal dari settingan freelancernya. Coba dicek dibagian setting. Kalau tidak salah dibagian situ ada pilihan-pilihan untuk mengaktifkan pengiriman pesan otomatis by email ke kita. Saya juga pernah mencoba di freelancer tetapi kebetulan menonaktifkan settingan pesan email jika ada yang ngebid lebih kecil dari bid kita. Mengenai pesan “”, ada Kemungkinan dia melakukan bid, kemudian komunikasi langsung ke pemberi kerja. istilahnya PM (Personal Message). Dari situ kemudian dilakukan penentuan harga baru. Atau untuk kemungkinan ini saya belum pernah mencoba. Jika ada yang melakukan bid sama seperti kita, apakah pesan ini akan muncul juga atau tidak.
      Kalau pendapat sih.. untuk freelancer karena bid yang kita tawarkan akan muncul, biasanya agak susah jika ketemu orang-dari negara india. Karena mereka biasanya bid nya kecil sekali… usul sih coba vworker, guru, atau yang lainnya.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Best Regards,

      Toto

  2. November 30, 2011    

    saya dapat tawaran di vworkers $290 membuat aplikasi android, alhamdulilah nyampai paypal juga, lebih hebat dari adsense

    • December 1, 2011    

      terimakasih mas atas sharingnya. sukses selalu :)

  3. cantoepunk cantoepunk
    December 21, 2011    

    nice trit ini..

    ane baru daftar gan..

    tp blum ngerti cara mainnya…
    boleh tanya sistem kerjanya seperti apa??
    (yg sederhana saja ya)

    • January 31, 2012    

      hai cantoepunk,
      untuk sistem kerjanya sih simple saja sih.
      1. mendaftar sebagai freelance
      2. bid project. Istilahnya kita menawarkan diri untuk mengerjakan project itu dengan mengestimasi harga dan waktu penyelesaiannya. Disini biasanya yang mendaftar banyak. Disinilah dikeluarkan keahlian kita supaya pemberi kerja yakin kalau kita bisa mengerjakan tugas yang dia punya.
      3. jika kita dipilih (dari nomor 2), kerjakan project yang telah disepakati. pemberi kerja akan mentransfer uang ke website (misal vworker).
      4. kumpulkan pekerjaan. jika ada error kita perbaiki lagi
      5. setelah pekerjaan selesai, website (vworker) akan mengirimkan uang ke kita (masih dalam website).
      6. Saat tanggal tertentu (sesuai request kita), vworker akan mengirimkan uang tersebut ke rekening kita (misal paypal).

      Secara simple nya seperti itu.
      Terimakasih

  4. imel imel
    January 30, 2012    

    Tlg masukannya dong untuk yg baru pertama kali, saya ibu rumah tangga. Saya tdk terlalu ahli baik b inggris maupun program2 dlm komputer. Apa ya langkah yg harus saya kerjakan? tks

    • January 31, 2012    

      Terimakasih mbak atas kunjungannya..
      Sebenarnya ada banyak metode mbak untuk menghasilkan uang dari internet. Tapi semua itu tergantung ketekunan kita. Tidak ada bedanya dengan mencari uang didunia nyata sama susah/mudahnya tergantung dari kita sendiri yang menjalaninya misallnya jualan product orang lain (affiliate, programmer, copy writer, dan lain-lain).
      Kalau untuk project-project diinternet selain programmer, affiliate, dan membikin website saya belum pernah mencoba mbak.
      Kalau untuk bahasa inggris sebenarnya sama aja mbak, saya juga pas-pas an. jadi kadang-kadang memanfaatkan google translate. grammer tidak begitu penting, yang penting lawan bicara kita mengerti maksud kita.

      Kalau mbak punya banyak waktu, coba bikin website atau affiliate saja mbak. Tapi ya harus bersabar. Semua tidak bisa instant begitu mbak :)

      Terimakasih

  5. June 2, 2012    

    kalo ak ya yg begini… reject langSOooong…!!
    client emang ga sdikit yg nge-gampangin kerjaan….

    ~thumbs up~

    • June 4, 2012    

      he..he.. emang begitu bang… Dapat client yang enak biasanya untung2an juga..
      makasih dah berkunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Categories

Bloggers - Meet Millions of Bloggers