Tips Mendapatkan Project

Melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya mengenai bagaimana mendapatkan uang dari internet, pada tulisan ini saya akan menjelaskan bagaiman kita sebagai freelance online atau freelance internet dapat mendapatkan project (istilahnya bagaimana tips mendapatkan project online).

Kesulitan pertama pada saat ingin mengerjakan freelance online atau freelance internet atau kerja online adalah karena antara pemberi kerja dan kita (sebagai pencari kerja online) tidak saling mengenal. Ini adalah langkah-langkah bagaimana tips mendapatkan project online serta supaya kita dipercaya pemberi kerja untuk mengerjakan pekerjaan yang dia miliki.

  1. Buat CV/portofolio yang menarik. Tulis semua kemampuan yang kita miliki (agak lebai tidak apa-apa). Munculkan semua kelebihan kita, sehingga nantinya jika ada orang yang membaca portofolio/CV kita tersebut dia akan menganggap kita mampu untuk melakukan apa yang dia butuhkan.
  2. Tuliskan pengalaman kita mengenai project yang ditawarkan. Saat melakukan bidding/penawaran project, tuliskan bahwa kita memiliki pengalaman kerja tentang project yang ditawarkan (mungkin pernah atau sudah dapat bayangan mengenai project yang ditawarkan). Jangan lupa tuliskan berapa lama kita dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  3. Saat melakukan bidding, tunjukan ketertarikan kita dengan project yang ditawarkan. Tulis apa yang kita tahu mengenai project yang ditawarkan. Berikan ide penyelesaian atau yang lainnya. Jangan menuliskan sesuatu yang umum karena itu dapat dianggap kita tidak mengerti/membaca tugas apa yang diberikan.
  4. Untuk freelance online atau freelance internet pemula (baru mendaftar), tawarkan biaya untuk mengerjakan project dengan biaya yang murah (istilahnya agak rugi, minimal impas) tidak apa-apa. Tujuannya adalah untuk mendapatkan review yang bagus. Saat kita sukses mengerjakan suatu project, kita akan mendapatkan review dari pemberi kerja. Review itu menggambarkan sebagus apa kerja kita. Makin banyak kita mendapatkan project dan review yang bagus, makin mudah kita mendapatkan project. Itu tipsnya 🙂
  5. Kerjakan project dengan penuh tanggung jawab. Saat mendapatkan suatu project, jangan sekali-kali mengecewakan pemberi kerjaan. Karena itu dapat mempengaruhi project-project yang selanjutnya. Saat pemberi kerja puas dengan pekerjaan kita, kemungkinan besar dia akan memberikan pekerjaan lain kepada kita. Sehingga kita tidak perlu melakukan bidding (pekerjaan datang sendiri).
  6. Tuliskan tugas-tugas apa yang harus dikerjakan. Sebelum project diterima, tulis semua tugas yang diberikan (berikan list dan tunjukkan kepada pemberi kerja). Ini untuk mencegah pemberi kerja yang iseng. Karena kita sadar tidak semua orang baik :). Ini berguna saat pemberi kerja meminta tugas-tugas lain diruang lingkup yang pernah disetujui, sehingga kita dapat menolak karena sudah diluar tugas awal yang disepakati.

Selain tips mendapatkan project online (mendapatkan project kerja online) diatas, ada juga tips supaya terhindar dari pemberi kerja yang iseng atau nakal. Disini ada beberapa tips :

  1. Jika anda mendapakan pemberi kerja yang berbicara seperti ini : “Ini adalah tugas yang gampang“, “Seorang yang ahli dapat mengerjakan ini dalam 1 jam“, “Saya bisa mengerjakan ini sendiri, tapi terlalu sibuk“, “Saya mengerti dengan tugas ini, karena sudah ahli dan pengalaman bertahun-tahun. jadi jangan memberikan penawaran yang mahal“. Pernah mendapatkan pemberi kerja berbicara seperti ini …… JANGAN DIAMBIL PEKERJAANNYA. Kenapa…. ?? Orang yang menawarkan pekerjaan dengan berbicara seperti ini biasanya tidak akan menghargai pekerja (kita). jadi buat apa kita bersusah payah membantu (walaupun dibayar) kalau tidak dihargai !! Bisa-bisa malah review kita jadi jelek karena orang-orang seperti ini…
  2. Kita melakukan penawaran kerja, tapi dia membalasnya cukup lama (1 hari masih wajar karena perbedaan jam) sampai 2 hari atau lebih tanpa alasan yang jelas. Jangan ambil pekerjaan dari orang seperti ini. Kenapa ..??? Karena kita akan kehabisan waktu saat mengerjakan pekerjaan dari dia. Misalkan deadline pekerjaan 5 hari. Hari kedua kita mengirim hasil pekerjaan dan dia membalas pada hari ke-4 dengan ada kesalahan atau dia tidak puas dengan tugas yang kita buat. Ujung-ujungnya kita yang disalahkan karena tidak sesuai deadline kerja.

Mungkin ini saja tips-tips mendapatkan project online. Jika anda memiliki pengalaman lain, silahkan berbagi :). Ingin mendaftar Kerja Online, kunjungi alamat ini.

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *